Visi & Misi

Pendahuluan

Tuliskan dan uraikan hal-hal yang menjadi latar belakang, tujuan, dan rasional atas penetapan visi, misi, tujuan, dan strategi (VMTS) dari Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang mencerminkan visi perguruan tinggi dan memayungi visi keilmuan

Program Studi yang diakreditasi. Uraikan pula mekanisme penetapan VMTS UPPS yang mencakup keterlibatan para pemangku kepentingan internal maupun eksternal, yang juga mempertimbangkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kebutuhan pengembangan UPPS/Program Studi yang diakreditasi.

Tuliskan ketersediaan dokumen formal kebijakan yang menunjukkan upaya pimpinan UPPS dalam mengevaluasi, mensosialisasi, dan mengimplementasikan VMTS ke dalam peraturan internal dan program-program pengembangan.

Uraikan secara komprehensif strategi yang telah diterapkan dalam upaya pencapaian visi, misi, dan tujuan (VMT) UPPS. Uraikan pula sumber daya yang dialokasikan untuk mencapai visi yang telah ditetapkan serta mekanisme kontrol pencapaiannya.

Latar belakang, Tujuan dan Rasional

Visi, misi, tujuan dan strategi sebuah Perguruan Tinggi adalah hal mutlak sebagai acuan dan arah yang sistematis, rasional dan realistis dalam mengembangkan Perguruan Tinggi yang berkualitas dan diminati oleh masyarakat. Penyusunan visi, misi, tujuan dan strategiperguruan tinggi selain berpedoman pada potensi dan kekuatan internal yang dimilikinya juga harus tetap mempertimbangkan kebutuhan dan perkembangan keadaan lingkungan masyarakat sebagai faktor eksternal. Dalam era reformasi sekarang ini, Indonesia menghadapi arus globalisasi dan liberalisasi informasi yang membawa perubahan amat drastis pada berbagai aspek dan bidang kehidupan manusia, termasuk keberadaan perguruan tinggi dalam memberikan pelayanan jasa pendidikan kepada masyarakat. 

Dalam kehidupan yang bersifat global tersebut, maka Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) semakin berperan sebagai daya tangkal, daya penggerak dan pengaman dalam memajukan masyarakat. Dengan demikian perguruan tinggi, dituntut mampu berperan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki wawasan IPTEKS yang luas, memiliki etos kerja tinggi, memiliki daya saing, dedikasi, mandiri dan profesional yang dilengkapi dengan kualitas iman dan taqwa serta akhlak mulia yang mantap.Melalui pembenahan fungsi perencanaan, dapat dihasilkan rencana yang bersifat strategis dan mantap, sehingga proses pendidikan dan lulusan yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi yang mampu bersaing secara global. Untuk itu pemanfaatan sumber daya harus dilakukan secara maksimal, efisien dan terarah sesuai dengan visi, misi, tujuan dan rencana strategis yang telah ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut maka Universitas Hamzanwadimemiliki visi : “Pada Tahun 2041 Menjadi Perguruan Tinggi Yang Berdaya Saing Global Berbasis Budaya Santri” dimana dalam menjalankan kegiatannya senantiasa mengacu pada perkembangan lingkungan masyarakat sebagai kearifan lokal, regional, nasional, dan internasional. Perkembangan tersebut mendorong perlunya dilakukan pengkajian mendalam terhadap penyusunan Misi dan Rencana Strategis Universitas Hamzanwadi termasuk penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Fakultas sebagai Unit Pengelola Program Studi dan Visi, Mis dan Renstra Program Studi Pendidikan Sejarah.

Visi, Misi dan Renstra Universitas Hamzanwadi menjadi acuan dalam menyusun Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) dari Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang dalam hal ini Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) dan VMST FISE menjadi dasar dari penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Rencana Induk Pengembangan (RIP) Program Studi Pendidikan Sejarah. Visi, Misi Universitas Hamzanwadi; Visi, Misi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi; dan Visi Misi Program Studi Pendidkan Sejarah dapat dilihat pada tabel berikut :

Visi

Pada tahun 2041, Menjadi Program Studi yang Menghasilkan sarjana pendidikan sejarah berbudaya santri, Unggul Sebagai Institusi Pendidikan dan Penelitian dalam Bidang Pendidikan Sejarah dan Sejarah yang mampu bersaing di Era Industri 4.0

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang santri dan profesional serta bermutu, dalam rangka menghasilkan sarjana pendidikan sejarah yang berwawasan iptek dan berakhlak mulia;
  2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengembangkan kemampuan diri terhadap setiap tuntutan kemajuan melalui penelitian Ilmu Pengetahuan Sosial, khususnya penelitian pembelajaran Sejara dan kajian Sejarah;
  3. Mampu mengembangkan kepekaan terhadap lingkungan sosial, sehingga tercipta komunikasi antara lingkungan sosial, alam, dan budaya dengan memperhatikan pluralisme masyarakat, kearifan lokal dan berbagai kompleksitasnya melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat;
  4. Mampu menghadapi daya saing global dengan membuka aksesbilitas yang sama terhadap kesempatan kerja melalui keunggulan kompetitif terutama berbasis kompetensi keunggulan sumber daya  manusia melalui tatakelola pamong yang profesional
  5. Menghubungkan kehidupan sosial yang berkepribadian dinamis, kreatif,inovatif, dan berdaya tahan terhadap globalisasi dengan melakukan kerjasama dengan multipihak