Sambutan Koordinator Program Studi

Dr. H. Badarudin, M.Pd

Koorprodi Pend. Sejarah

Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE) Universitas Hamzanwadi merupakan salah satu prodi perintis di Universitas Hamzanwadi (Sebelumnya STKIP Hamzanwadi). Program Studi Pendidikan Sejarah memiliki rekam jejak (track record) yang panjang dalam upaya membina sumber daya manusia (SDM) guna menghasilkan alumni (output) yang professional baik dalam bidang pendidikan, penelitian, jurnalistik, dan kepariwisataan, serta memiliki kapasitas mumpuni untuk bersaing di tengah gelanggang modernisasi dan mampu responsif terhadap perkembangan.

Tahun 2000, Program Studi Pendidikan Sejarah mengikuti Akreditasi dari BAN PT untuk yang pertama kalinya dan disusul pada tahun 2016, mendapatkan nilai “B”. Hal ini tentu menjadi kebanggaan seluruh Civitas Akademika bukan saja di Program Studi Pendidikan Sejarah, namun juga untuk lembaga yang turut menaungi.

Dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten, meskipun memiliki latar belakang (background) “Pendidikan”, Program Studi Pendidikan Sejarah tidak hanya memiliki fokus edukasi berupa kompetensi keguruan, namun juga menetapkan alternatif profil lulusan lainnya dan senantiasa disosialisasikan kepada mahasiswa sebagai gambaran akan opsi profesi yang relevan dikembangkan dengan melihat prospek kerja di masa depan. Beberapa alternatif profil lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Hamzanwadi, yaitu: a) Guru Sejarah Profesional; b) Peneliti Profesional; c) Jurnalis (kewartawanan) Profesional; dan d) Pemandu Wisata Religi dan Bersejarah.

Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Program Satudi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Hamzanwadi setiap semester dilaksanakan dengan profesional. Setiap dosen dalam satu semester setidaknya menghasilkan satu judul penelitian, satu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Harapan Kami kedepan beberapa hal yang sampai saat ini masih dirasakan kurang akan terus diperbaiki sesuai dengan kebutuhan dalam pengembangan pelaksanaan Tri Dharma.

Koordinator Program Studi Pendidikan Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE

Universitas Hamzanwadi

Dr. H. Badarudin, M.Pd

NIDN. 0831127201